SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

 Komputer dibagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), semakin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya(user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer:

a. Komputer Generasi Pertama
                 Komputer generasi pertama adalah ENIAC., yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vaccum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak yang mempunyai  kendala seperti; mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.

b. Komputer Generasi Kedua
                Sejarah Perkembangan Komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat memengaruhi perkembangan pada saat itu. Transistor dapat menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya mengubah semua ukuran mesin-mesin elektronik. Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an.

c. Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga
                Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak efisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian ditemukan pada batu kuarsa (Quartz rock). Jack Kilby, seorang insinyur Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (Ic: integrated cicuit) ditahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

d. Komputer Generasi Keempat
                 Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukkan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu aja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan diprogram untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.

e. Komputer Generasi Kelima
                Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprosesor kedalam sebuah microprosesor . Selain itu, juga ditandai dengan munculnya  microprosesor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan  yang membuat micro-prosesor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog, dan lainnya lagi.

Gambar 1. Perkembangan komputer yang pesat membuatnya lebih canggih dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari












Reviewed by Amadeus FL on 05.49 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD